Beranda > Blog > Blog > Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap

Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap

Fushimi Inari Shrine dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.jpg

Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap. Konnichiwa Minna-san! Selamat datang di TravelJepang.co.id!  Jepang merupakan salah satu negara maju dan berkembang, yang terus melakukan pembaharuan dan ramah dengan teknologi.

Maka tidak heran jika Tokyo menjadi kota metropolis terpadat di dunia. Meski demikian, Jepang tidak lupa akan sejarah dan warisan budaya dari leluhur terdahulu.

Jepang masih menerapkan tradisi pada kehidupan sehari-harinya. Bicara soal kehidupan tradisional di Jepang, terdapat satu kota yang masih melestarikan unsur ini. Hal ini terlihat dari rumpun bangunan yang sama sekali tidak mengalami modernisasi. Dialah Kyoto, salah satu destinasi wisata favorit di negeri sakura.

Sebagai area wisata, kota Kyoto meiliki skema geografi yang cukup mudah untuk dipahami. Hal ini akan membantu Anda apabila hendak bertamasya ke Kyoto.

Skema kota ini dahulunya dibuat pada saat pembangunan jalan pada zaman Heian. Lebih tepatnya pada 1200 tahun silam. Skema kota dibuat berpusat pada Istana Kekaisaran Kyoto, yakni tempat tinggal Kaisar pada Zaman Heian. Sebagian besar, tata letak kota masih dipertahankan hingga detik ini.

Kyoto Maps dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap
Kyoto Maps via matcha-jp.com

Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap

Berikut ini adalah pembagian wilayah disetiap area Kyoto, yakni:

  1. Area Timur : Kuil Kiyomizudera, Kuil Ginkakuji, Kuil Heian jingo, Gion dan lain sebagainya
Gion Kyoto dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.png
Gion Kyoto via quora.com

Area Timur di Kyoto memiliki julukan tersendiri, yakni biasa dikenal Higashiyama. Di area timur ini terdapat beberapa spot wisata terkenal yang dapat Anda kunjungi. Salah satunya adalah Kuil Kiyomizudera.

Namun bagian timur tidak hanya dikenal dengan spot unik tersebut. Ada juga beberapa kuil utama terkenal lainnya, yakni Kuil Ginkakuji, Kuil Heian jingu yang terkenal dengan keindahan tamannya. Ada pula Kuil Yasaka Jinja atau Taman Maruyama yang dikenal dengan tempat tumbuhnya rumpun bunga sakura jenis shidarezakura pada saat musim semi. Tidak jauh dari Kuil Yasaka jinja, terdapat spot lain yang dapat Anda lihat, yakni Distrik Hanamachi.

Area timur juga dikenal dengan adanya Gion, yang menjadi pusatnya para maiko dan geisha. Anda dapat melihatnya berlalu lalang di tempat ini. Satu tempat terakhir yang tidak boleh terlewatkan adalah Kuil Kenniji, yakni kuil Zen tertua yang masih berada di Kyoto.

  1. Area Barat : Kuil Kinkakuji, Kuil Ryoanji, Uzumasa, Arashiyama dan lain sebagainya
Arashiyama Bamboo Grove dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.jpg
Arashiyama Bamboo Grove via travelcaffeine.com

Kuil Kinkakuji merupakan salah satu kuil yang berdiri di Kyoto dan menjadi kuil warisan dunia. Ciri khas kuil ini adalah lapisan emasnya yang ikonik, terlebih jika Anda melihatnya dari pantulan cahaya. Kuil ini juga disebut dengan Golden Pavilion.

Ada pula kuil Ryoan ji, yang terkenal dengan taman batu khas dengan aliran Zen ini. Menyusuri area barat, Anda juga dapat menemukan Kuil Kitano Tenmangu. Kuil ini dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Dewa Akademik. Maka tidak heran jika Anda melihat banyak pelajar yang berkunjung ke kuil ini.

Di area barat, ada pula daerah Nishijin yang dikenal sebagai kota teksil tradisional milik Kyoto. Salah satu tempat favorit di area barat adalah Arashiyama.

Arashiyama terkenal dengan kekayaan alam yang tidak ada duanya. Ada pula Uzumasa, tempat yang dikenal memiliki Toei Kyoto Studio Park yang mengusung tema zaman Edo. Akan tetapi kedua tempat ini terletak di daerah yang terbilang cukup jauh. Transportasi yang dianjurkan untuk menjangkau tempat ini adalah dengan menggunakan kereta.

  1. Area Pusat : Jalan Kekaisaran Kyoto, Istana Nijojo, Pasar Nisshiki dan lain sebagainya
Nijo jo Castle dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.jpg
Nijo jo Castle via japan-guide.com

Area pusat di Kyoto merupakan area yang memegang peranan paling penting dalam sejarahnya. Di daerah inilah berdiri Istana Kekaisaran Kyoto yang dahulunya menjadi hunian Tenno (Kaisar Jepang) pada masa lampau. Ada pula Istana Nijo-jo yang juga dijadikan sebagai panggung penting teater sejarah Kyoto.

Kami merekomendasikan Anda untuk berhenti sejenak mengunjungi Pontocho, yakni salah satu gang terkenal yang di sisi jalannya terdapat deretan kedai makanan dan bar. Anda dapat berjalan santai ke tempat ini pada malam hari. Area pusat juga terkenal dengan Pasar Nishiki.

Pasar ini selalu ramai dipadati oleh para pengunjung. Namun jangan sampai lupa pula untuk mengunjungi Kyoto Internasional Manga Museum. Tempat ini menjadi rumah yang menampung sekitar 300.000 komik Jepang. Hebat sekali, bukan?

Jika Anda ingin berbelanja, ada area Kawaramachi yang memang menjadi area pusat perbelanjaan serta toko souvenir. Di daerah ini juga dapat ditemukan banyak hotel dan tempat penginapan lainnya. Keuntungan menginap di tempat ini adalah Anda dapat mencapai area wisata bagian timur dengan berjalan kaki.

Daerah Sekitar Stasiun Kyoto

Stasiun Kyoto juga dapat  Anda temukan pada daerah ini. Bagian dalam stasiun juga terdapat area penitipan barang serta koin loker. Jika Anda keluar dari stasiun, Anda tidak akan kesulitan menemukan terminal bis dan halte untuk naik taksi karena memang lokasinya dekat. Hal ini tentunya akan memudahkan perjalanan Anda. Pada area sekitar stasiun juga biasanya bayak ditemukan tempat penginapan. Jadi Anda tidak perlu repot-repot mencari ke tempat lain.

Sesampainya di stasiun Kyoto, jangan lupa untuk mengunjungi salah satu bangunan terkenal lainnya. Yakni Kuil Higashi Honganji dan Kuil Nishi Honganji. Kedua kuil ini dikenal sebagai bangunan kayu raksasa. Ada pula Kuil Touji dengan ciri khas pagoda 5 tingkat tertinggi yang berada di negara matahari terbit ini. Ketiga tempat ini dapat dicapai hanya dengan berjalan kaki.

  1. Area Utara : Kuil Shimogamo jinja, Shugakuin Imperial Villa, Kuil Kuramadera dan lain sebagainya
Kifune Jinja Shrine dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.jpg
Kifune Jinja Shrine via fastjapan.com

Pada area utara, terdapat tempat wisata yang termasuk ke dalam salah satu warisan dunia, yakni Shugakuin Imperial Villa, dimana tempat ini sangat kaya akan pemandangan alamnya. Jika hendak berkunjung ke tempat ini, sebelumnya Anda perlu membuat pemesanan terlebih dahulu di situs resmi Shugakuin Imperial Villa. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengunjungi Kuil Shimogamo jinja pada area pusat.

Area Kurama dan Kifune

Di tempat yang hanya berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota ini, Anda dapat menaiki kereta menuju Kurama dan Kifune. Terdapat beberapa lokasi wisata menarik di tempat ini. Diantaranya adalah Kuil Kurama dara dan juga Kuil Kifune jinja. Di antara kedua tempat ini terdapat jalan yang menjadi penghubung.

Jalan tersebut dikenal dengan sebutan Ki no Nemichi, sebab terdapat banyak akar pepohonan yang mencuat ke permukaan dan menjadikannya lukisan yang unik. Kifune dan Kurama memiliki banyak jalan menanjak atau jalan pegunungan. Maka dari itu, Anda perlu menggunakan sepatu yang nyaman untuk bergerak.

  1. Area Selatan : Kuil Fushimi Inari Taisha, Kuil Daigo-ji, Area Uji dan lain sebagainya
Fushimi Inari Shrine dalam Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap.jpg
Fushimi Inari Shrine via gogonihon.com

Pada daerah selatan Kyoto, spot terkenal ini pasti sudah Anda kenal sebelumnya. Dialah Kuil Fushimi Inari Taisha, kuil yang terkenal dengan bantaran 10.000 torii berwarna merah yang membentang hingga kuil. Selain itu ada juga Kuil Daigo ji yang dikenal karena keindahan bunga sakuranya.

Area Uji

Jika Anda berniat menyelusuri daerah selatan Kyoto, Anda perlu mengunjungi daerah Uji. Daerah Uji dikenal sebagai daerah penghasil teh terbaik di Jepang. Maka dari itu, Anda jangan sampai ketinggalan mencicipi teh di tempat ini. Daerah ini mudah dicapai, hanya 20 menit jika menggunakan kereta.

Kuil Byodoin merupakan kuil yang terkenal di tempat ini. Pada area dalam kuil terdapat altar utama yang terpantul di area kolam di sekitar kuil.

Sebagai kota tradisional, Kyoto memiliki banyak sekali kuil yang masih berdiri sempurna. Meski demikian, antar kuil tersebut masih terpisahkan dengan jarak yang cukup jauh. Untuk mengunjungi semua kuil, Anda perlu membuat pertimbangan waktu yang matang.

Tips Wisata Di Kyoto Jepang Singkat dan Lengkap

Demikianlah panduan area wisata Kyoto yang perlu Anda ketahui sebelum hendak berkunjung.

Di TravelJepang.co.id, kami menyajikan berbagai macam paket tour terbaik ke Jepang yang lain dari pada yang lain! Akan sangat disayangkan apabila Anda lewatkan! Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk melihat paket-paket menarik yang kami sajikan!

Contact Person

Travel Jepang: 087711243201 (WhatsApp)

Mungkin anda juga menyukai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *