Beranda > Blog > Blog > Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda

Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda

The Great Torii of Miyajima dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg

Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda. KonnichiwaMinna-san! Selamat datang di TravelJepang.co.id! Merencanakan liburan ke Jepang merupakan salah satu daftar keinginan yang hampir dimiliki oleh setiap orang, bahkan mungkin Anda. Jepang merupakan sebuah negara maju dan berkembang yang cukup disegani di Asia serta di mata Dunia. Jepang merupakan salah satu negara yang tampil dominan sebagai Macan Asia, yang hingga detik ini semakin mengalami modernisasi.

Di abad ke-20, Jepang bahkan mampu mengalahkan Rusia dari segi persenjataan militer yang modern. Kemajuan inilah yang membangkitkan rasa percaya diri kemiliteran Jepang dahulu kala.  Sebagai salah satu pioneer Asia, Jepang telah mengalami masa kejayaan hingga kejatuhan. Namun kini, Jepang sudah dapat menikmati masa kejayaannya, bahkan meleburkan antara budaya terdahulu denan budaya masa kini. Salah satu sektor yang paling menonjol dari negara yang satu ini adalah sektor pariwisata. Banyak tempat-tempat wisata menarik yang tersebar merata di seluruh pelosok Jepang dan masih terawat dengan sangat apik hingga detik ini.

Sebagai negara yang tidak pernah absen menerima kunjungan wisatawan, Anda perlu mengetahui apa saja yang dapat Anda temukan. Maka dari itu, TravelJepang.co.id berusaha merangkumnya untuk Anda, simak berikut ini !

  1. Kuil Meiji
Kuil Meiji dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda
Kuil Meiji via thousandwonders.net/

Terletak di tengah Ibukota Tokyo, berdirilah Kuil Meiji yang berada di Distrik Shibuya. Kuil ini merupakan salah satu bangunan tradisional yang masih dilestarikan ditengah moderninasi yang merambah Tokyo. Sebagai kuil tertua di Tokyo, kualitas dan keaslian bangunan masih sangat terjaga. Untuk berkunjung ke tempat ini biasanya tidak akan dikenakan biaya apa pun. Namun jika Anda ingin menggunjungi treasure house, biasanya akan dikenakan biaya sebesar Y500-600 yen. Tempat ini dapat Anda sambangi dalam waktu kunjungi mulai dari jam 6.00 pagi hingga 17.00.

  1. Tokyo Tower
Tokyo Tower dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Tokyo Tower via livejapan.com/

Siapa yang tidak mengenal tempat ini? Anda tentunya juga pasti tahu, bukan? Berdiri di Shibakoen Minato dengan tinggi 333 meter dari permukaan tanah, dahulunya Tokyo Tower merupakan menara tertinggi di Tokyo. Meski sekarang sudah berada di posisi kedua. Dengan ketinggian ini, Anda dapat menangkap pemandangan kota Tokyo jauh lebih luas lagi. Tidak hanya panorama kota, Anda juga dapat melihat Gunung Fuji, danau dan lain sebagainya.

Menara ini juga memuat toko souvenir dan perhiasan untuk Anda yang mencari buah tangan. Cukup berkunjung ke lantai dua, Anda akan menemukan apa yang Anda cari. Sistem kunjungan ke menara ini pun terbilang unik. Pasalnya, pembayaran tiket akan diberlakukan dua kali. Pada lantai dasar, Anda akan dikenakan biaya sebesar Y800-900. Namun apabila Anda penasaran dengan ketinggian 250 meter ke atas, maka akan dikenakan biaya lagi sebesar Y600.

  1. Museum Samurai
Museum Samurai dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Museum Samurai via tripadvisor.com

Berada di kawasan Shinjuku, sesuai dengan namanya museum ini menyimpan banyak koleksi yang cukup lengkap. Mulai dari pakaian samurai yang sudah berusia ratusan tahun, kolesksi pedang yang usianya mencapai 800 tahun dan masih banyak lagi. Anda akan diajak untuk mengenal lebih dekat mengenak kisah-kisah para samurai dahulu kala. Pada jam 1 siang, biasanya akan berlangsung pertunjungan samurai. Sebagai informasi tambahan, museum ini buka setiap hari mulai pukul 10.30 hingga 21.00. Siapkan uang sekitar Y1800-2000 untuk mengunjungi tempat ini.

  1. Robot Restaurant
Robot Restaurant dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Robot Restaurant via travelwheretonext.com

Sebagai salah satu negara favorit wisatawan, kebudayaan Jepang yang melebur dengan era kini tidak hanya direpresentasikan melalui bangunan tradisional yang masih dilestarikan, namun juga dari wisata kulinernya. Salah satunya adalah restaurant satu ini, yang menawarkan konsep tematik. Konsep ini merupakan salah satu restoran dengan konsep robot yang dapat Anda temukan di Shinjuku.

Untuk makan di tempat ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Y3000-8000 melalui pemesanan terlebih dahulu di situs restoran. Tidak hanya menyantap kuliner, namun Anda juga dapat menyaksikan beragam atraksi yang disuguhkan oleh robot setempat.

  1. Ryogoku Kokugikan
Ryogoku Kokukigan dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Ryogoku Kokukigan via reformatt.com/

Tahukah Anda bahwa Jepang merupakan tempat lahirnya olahraga sumo? Untuk Anda yang tertarik dengan olahraga yang satu ini, Ryogoku Kokugikan adalah tempat yang patut Anda tuju. Tempat ini merupakan sebuah stadion sumo yang mampu menampung hingga 1.300 orang. Pada area depan pintu gerbang utama, terdapat jadwal turnamen serta kisaran biaya yang perlu Anda keluarkan.

  1. Isetan Department Store
Isetan Department Store dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Isetan Department Store via awards.brandingforum.org/

Inilah salah satu surganya berbelanja yang dapat Anda temukan di Jepang. Mulai dari pukul 10.30 hingga 20.00 malam, tempat ini tidak luput dari lalu lalang masyarakat setempat atau pun wisatawan. Salah satu keunggulan dari mall ini adalah letaknya yang tidak jauh dari Stasiun Shijuku Sanchome, apabila Anda menggunakan rute Tokyo Metro Marunouchi Line.

  1. Koishikawa Botanical Garden
Koishikawa Botanical Garden dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Koishikawa Botanical Garden via thousandwonders.net/

Terletak di Universitas Tokyo, kebun seluas 160.000 meter ini merupakan salah satu fasilitas publik yang dapat Anda kunjungi. Kebun ini memuat hingga 4.000 varian tanaman. Salah satu daya tarik dari kebun ini adalah panorama indah yang dapat ditemukan pada musim semi dan musim gugur. Selain menampilkan beragam tanaman, di kebun ini juga rutin dilakukan upacara tanam dan panem padi pada area sekitar pintu masuk.

  1. Tsukiji Fish Market
Tsukiji Market Fish dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Tsukiji Market Fish via japan.stripes.com/

Memang terbilang unik jika menyebut pasar ini sebagai destinasi wisata karena memang kenyataannya pasar ini selalu menarik rasa penasaran para wisatawan. Terletak di Distrik Chuo, Pasar Ikan yang satu ini bukanlah pasar pada ummumnya. Menurut catatan setempat, proses jual beli ikan yang berlangsung di seluruh Jepang 87% terjadi di tempat ini. Hebat bukan? Aktivitas pasar biasa dimulai dari jam 3 pagi yang diawali dengan kegiatan pelelangan. Baru pada jam 7 pagi, hasil lelang akan dibawa ke toko masing-masing.

  1. Kuil Musashi Ichinomiya Hikawa
Mushashi Ichinomiya Hikawa Shrine dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Mushashi Ichinomiya Hikawa Shrinevia tripadvisor.com.sg/

Kuil ini biasa juga disebut dengan Kuil Hikawa. Penambahan kata Musashi Ichinomiya ini merupakan bentuk penghormatan terhadap kepada Kuil Shinto pada masa Periode Musashi. Kuil ini dapat Anda kunjungi mulai dari jam 6 pagi hingga 5 sore. Tenang, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk dapat mengunjungi Kuil ini.

  1. Kawagoe Ichibangai Shopping Street
Kawagoe Ichibangai Shopping Street dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Kawagoe Ichibangai Shopping Street via seiburailway.jp/

Berfungsi sebagai area pusat perbelanjaan, tempat yang satu ini tidak kehilangan nilai estetis dari segala aktivitas yang terjadi di sekitar jalan Kawagoe. Anda dapat memanjakan kedua mata menikmati deretan bangunan tradisional sambil berbelanja buah tangan untuk kerabat di rumah.

  1. Chichibu Kogen Farm
Chichibu Kogen Farm dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda
Chichibu Kogen Farm via the.rainbowholic.me/

Saitama umumnya dikenal dengan suasana pedesaan yang kental. Maka dari itu, berkunjung ke peternakan ini akan menegaskan nuansa tersebut. Rerumputan yang menghampar sejauh mata memandang, bak pemadani yang menghiasi taman ini. Di padu dengan beraneka ragam bunga di atas tanah seluas 5 hektar, taman ini dikenal dengan sebutan “Heavenly Poppies” atau “Taman 15 Juta Bunga”. Anda perlu mempersiapkan uang sebesar Y200 yen untuk mendapat tiket masuk.

  1. G-Cans Project
G-Cans Project dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
G-Cans Project via floodlist.com/

Merupakan area pengelolaan air bawah tanah, tempat ini sebenarnya tidak difungsikan sebagai objek wisata. Namun sejak diperkenalkan pada tahun 2009, tempat ini banyak menarik perhatian para wisatawan. Kegiatan yang umumnya dilakukan adalah menyelurusi tiang-tiang beton raksasa, hingga menemukan sebuah tangki yang menyerupai bentuk kuil. G-Cans Project ini juga disebut dengan Metropolitan Area Outer Underground Discharge Channel. Jika Anda berkeinginan mengunjungi tempat ini, gunakan alas kaki yang nyaman serta tidak licin.

  1. Yamanashi Fuekigawa Fruit Park
Yamanashi Fuefukigawa Fruit Park dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Yamanashi Fuefukigawa Fruit Park via travel.tribunnews.com/

Prefektur Yamanashi terkenal sebagai produsen buah terbaik yang dapat Anda temukan di Jepang. Maka tidak heran apabila Taman Buah yang satu ini menarik perhatian para wisatawan. Mengangkat konsep hiburan bertema buah-buahan, taman ini menjadi destinasi cocok bagi anak-anak dan keluarga. Cukup mengeluarkan uang sebesar Y200-Y600, Anda dapat menikmati beragam wahana di tempat ini. Tidak hanya itu, latar belakang Gunung Fuji juga menambah keindahan setempat.

  1. Nishizawa Valley
Nishizawa Valley dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Nishizawa Valley via japan-guide.com/

Yamanashi memiliki beberapa pilihan wisata alam yang unik dan menantang. Salah satunya adalah Lemba Nishizawa. Lembah ini juga masih termasuk ke dalam area Chichibu-Tama-kai National Park. Melakukan pendakian di lembah ini akan membantu Anda mengeksplorasi pedesaan di Jepang. Jiwa dan raga seolah-olah akan menyatu dengan alam setempat, diiringi suara gemericik air yang ditimbulkan oleh aliran sungai. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah menjelang akhir musim gugur yaitu pada awal bulan November.

  1. Takeda-Jinja Shrine
Takeda-Jinja Shrine dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda
Takeda-Jinja Shrine via japanhoppers.com/

Salah satu bangunan arsitektur yang juga menjadi saksi sejarah ini merupakan tempat kediaman bagi tiga keturunan Takeda Shingen. Pada masa hidupnya, kisah heroik sang bangsawan menjadi daya tarik tersendiri bagi kuil ini. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sedikit pun.

  1. Kamui Misaki
Kamui Misaki dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Kamui Misaki via gotohokkaido.blogspot.com/

Masih berada di dalam bagian Taman Nasional Niseko Shakotan Otaru Quasi, semenanjung ini adalah tempat terbaik untuk mengamati keindahan laut Jepang. Dengan kedua mata telanjang, Anda dapat melihat panorama bawah laut yang kedalamannya mencapai 30 meter. Nama Kamui diambil dari bahasa Ainu yang berarti Tuhan. Melihat pemandangannya yang membuat lidah kelu ini, maka nama tersebut merupakan representasi paling tepat untuk menggambarkan keindahan tempat ini.

  1. Goryokaku Tower
Goryokaku Tower dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Goryokaku Tower via great-towers.com/

Pada zaman dahulu, menara ini masih merupakan bagian dari Benteng Goryokaku dan dirancang oleh Takeda Hisaburo. Bentuk bangunan yang menyerupai bintang ini banyak menarik perhatian wisatawan dan masyarakat lokal. Untuk mengetahui lebih mendalam mengenai sejarah Benteng Goryokaku, silahkan berkunjung ke area Goryokaku History Corridor.

  1. Asahiyama Zoo
Asahiyama Zoo dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Asahiyama Zoo via jpninfo.com/

Musim dingin merupakan waktu yang tepat untuk melakukan kegiatan ski. Namun musim dingin tidak hanya identik dengan hal tersebut, lho! Salah satu alternatif yang tersedia, Anda juga dapat mengunjungi Kebun Binatang Asahiyama yang terletak di Higashikawacho Kuranuma. Lokasi ini biasanya dapat diakses dengan menggunakan bus.

Daya tarik yang dimiliki oleh kebun binatang ini terletak pada kosep kehidupan para satwa di alam liar dengan lahan bersalju. Anda juga dapat menyaksikan atraksi para penguin yang berlarian mencari makanan di atas salju. Pada musim dingin, kebun binatang ini mulai dibuka sejak pukul 10.30 hingga akhirnya ditutup pada pukul 15.30.

  1. Historical Village of Hokkaido
Historical Village of Hokkaido (Kaitaku-no Mura) dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Historical Village of Hokkaido (Kaitaku-no Mura) via laurenlovesnoodles.blogspot.com/

Untuk Anda pecinta sejarah, destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Selain menikmati puluhan bangunan bersejarah yang dibangun mulai dari zaman Meiji hingga era pembangunan terbaru, pikiran Anda akan dialiri dengan beragam pengetahuan baru dan menarik untuk  diketahui.

Daerah wisata ini sebenarnya terbagi menjadi empat wilayah, di mana Anda dapat melakukan tapak tilas pada bagian kota, daerah pemancingan, area perbukitan serta alam pertanian. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda perlu mengikuti peraturan ketat, salah satunya hanya dapat mengunjungi pada jam 9 hingga 5 sore. Anda pun akan dikenakan biaya sebesar Y850-900 di pusin panas dan Y680 pada musim dingin.

  1. Susukino
Susukino dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Susukino via photos.com/

Salah satu tempat wisata yang digemari di daerah Hokkaido adalah Susukino. Berjarak 10 menit dari Stasiun Susukino, Anda akan berpetualang menjelajahi wisata kuliner khas Hokkaido. Kawasan ini pun menjadi salah satu penggerak perekonomian di Sapporo yang eksistensinya sudah dikenal mulai dari tahun 1920.

  1. Ngarai Naruko Gorge
Ngarai Naruko Gorge dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Ngarai Naruko Gorge via his-travel.co.id/

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah musim gugur. Lembah Naruko ini akan menghadirkan pemandangan alam yang luar biasa dan sangat atraktif. Pepohonan yang mulai berubah warna ini akan mulai menghiasi area lembah, bahkan menutupi jurang.

Lembah ini dapat diakses dengan menggunakan jalur kereta JR Tohoku Shinkansen Line dari Tokyo dan akan memakan waktu selama 2 jam.   

  1. Shiogama Jinja
Shiogama Jinja dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.png
Shiogama Jinja via samuraiguide.com/

Kuil Shiogama Jinja merupakan salah satu Kuil Shito tertua yang terletak di Miyagi. Pada abad ke-9, Kuil ini menjadi primadona daerah sekitar dan hingga saat ini, pesonanya masih belum pudar. Banyak yang mempercayai bahwa pembangunan kuil ini memiliki hungan dengan fungsinya sebagai penjaga para nelayan. Maka dari itu, kuil ini ramai dikunjungi warga sekitar untuk memanjatkan doa.

  1. Yunuma Hot Spring

Pemandian air panas satu ini terletak di 5122, Takenomori, Taakahata-machi, Higashiokitama-gun.  Terletak di daerah pedesaan membuat lokasi pemandian ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan teman dan keluarga. Disarankan untuk tidak datang terlalu malam ketika hendak berkunjung ke tempat ini.

  1. Okunoto Salt Farm Village
Okunoto Salt Farm Village dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Okunoto Salt Farm Village via hot-ishikawa.jp/

Berlibur tidak hanya soal berkunjung ke tempat wisata, namun juga dapat berkunjung ke pabrik. Salah satunya adalah ke pabrik pengolahan garam yang terletak di Desa Okunoto ini. Anda akan mempelajari teknik Agehama Style, yakni teknik pembuatan garam yang sudah turun temurun digunakan dari Zaman Edo hingga detik ini. Teknik ini merupakan peninggalan dari Keluarga Kakuhana.

Desa ini terbuka untuk Anda kunjungi mulai dari pukul 9 pagi hingga jam setengah 5 sore. Cukup dengan mengeluarkan uang sebesar Y100-200, Anda dapat menyaksikan teknik rahasia dari proses pengolahan garam ini.

  1. Myoryuji Ninja Temple
Myoryuji Ninja Temple dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Myoryuji Ninja Temple via japan-guide.com/

Ninja merupakan salah satu figur yang seringkali dikaitkan dengan Jepang. Maka tidak heran jika Kuil Ninja Muoruji didirikan. Di dalam kuil ini, Anda dapat melihat ragam siasat cerdik dari kehidupan pada Ninja, mulai dari berbagai jebakan yang diciptakan.

Menurut sejarah, kuil ini dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian Maeda Toshitsune, yakni seorang penguasa Klan Kaga yang kerap kali menjadi bahan buruan para musuh. Kuil ini terletak di Distrik Teramachi, Kanazawa. Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup besar jika ingin berkunjung ke kuil ini, yakni sekitar Y1000!

  1. Higashichaya Old Town
Higashichaya Old Town dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Higashichaya Old Town via tripadvisor.co.uk/

Detik ini mungkin Kawasan Kota Tua Higashichaya tidak seramai pada masa kejayaannya dahulu kala. Akan tetapi nuansa yang ditawarkan masih dapat membuat Anda terkagum-kagum. Sebagai mana chaya pada umumnya, di sini juga masih menggunakan jasa para geisha dalam melantunkan alat musik serta menampilkan ragam tarian tradisional Jepang.  

  1. Fuji Q Highland
Fuji Q Highland dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Fuji Q Highland via travel.navitime.com/

Merupakan taman bermain yang terletak di Fujigoko, tempat ini memiliki macam-macam wahana bermain yang dapat memicu adrenalin Anda. Tema utama yang diusung dari taman ini adalah anime, di mana terdapat empat roller coaster utama, yang salah satunya adalah roller coaster tertinggi di dunia. Ada juga roller coaster tercepat di Fuji Q Highland, yakni Dodonpa. Untuk mengunjungi tempat ini, Anda perlu mengeluarkan uang yang cukup banyak, yakni sekitar Y20.000-25.000.

  1. Shiraito Falls
Shiraito Falls dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Shiraito Falls via flickr.com/

Masih berada di kawasan Gunung Fuji, air terjun ini terletak di Kamide, Fujinomiya, Prefektur Shizuoka. Dengan ketinggan 20 meter dan aliran air yang mendatar, air terjun ini menjadi sumber air bagi Gunung Fuji, terlebih pada musim semi. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini biasanya akan melakukan piknik bersama dengan kerabat. Namun ada pula yang melakukan meditasi bagi para penganut Fujiko.

  1. Fuji Safari Park
Fuji Safari Park dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Fuji Safari Park via japan-guide.com/

Tahukah Anda bahwa Taman Safari Fuji ini merupakan taman terluas dan terbesar di Jepang. Terdapat puluhan spesies satwa yang dapat Anda lihat sambil menaiki bus yang tersedia di taman tersebut. Dengan mengeluarkan uang sebesar Y1500, Anda akan mendapatkan liburan terbaik bersama dengan keluarga. Tersedia juga penjelajahan pada malam hari yang hanya dibuka pada bulan April hingga Oktober dan besaran biaya sebesar Y1800.

  1. Kunozan Toshogu Shrine
Kunozan Toshogu Shrine dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Kunozan Toshogu Shrine via toshogu.or.jp/

Masih termasuk ke dalam jenis Kuil Shinto, kuil yang satu ini memiliki daftar riwayat yang cukup panjang, yakni mengenai pemugaran besar-besaran yang terjadi pada masa Restorasi Meiji. Hal ini akhirnya membangkitkan sektor pariwisata di Kunozan Tosgohu, ditandai dengan pembangunan 13 bangunan yang dua bangunan diantaranya adalah Honden dan Heiden. Diperlukan biaya sebesar Y800-1000 untuk bisa masuk ke tempat ini.  

  1. Otawa-san Kiyomizudera
Otawa-san Kiyomizudera dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Otawa-san Kiyomizudera via japan-guide.com/

Kiyomizudera merupakan kuil yang terletak di Kyoto dan telah digolongkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO. Berdiri di area bebukitan yang dipenuhi dengan pepohonan yang rindang, kehadiran Anda akan disajikan dengan panorama kota yang sangat indah. Jarang sekali kuil ini sepi oleh pengunjung, karena biasanya pengunjung ingin sekali mendapatkan berkah dari aliran air terjun Otowa no Taki.

Jika Anda memiliki waktu terbatas, tenang saja karena kuil ini buka mulai dari jam 6 pagi hingga 6 sore dengan tiket masuk sebesar Y500.

  1. Gion District
Gion District dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpeg
Gion District via sharing-kyoto.com/

Gion merupakan salah satu distrik yang terkenal di Kyoto, karena di sinilah kawasan para geisha yang paling eksklusif. Meski demikian, para geisha yang ada di tempat ini enggan disebut sebagai geisha itu sendiri dan lebih memilih dipanggil dengan sebutan geiko dengan artian wanita seni. Distrik Gion sejatinya dipenuhi dengan bangunan rumah tinggal dengan gaya Jepang yang dikenal dengan sebutan Machiya. Salah satu perayaan rutin dan terkenal yang sering dilakukan di tempat ini adalah Festival Gion Matsuri.

  1. Kifune Shrine
Kifune Shrine dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Kifune Shrine via fastjapan.com/

Terletak di Distrik Kibune, terdapat sebuah kawasan lembah tempat berdirinya pepohonan rindang di sisi pegunungan Kyoto bagian utara. Melalui Eizan Railway, distrik ini terhubung dengan bagian pusat kota Kyoto. Secara umum, kuil ini terbagi menjadi tiga pavilion, di mana bangunan pertama merupakan Hongu yang telah dibangun ulang pada tahun 2007. Ada pula bangunan kedua yang bernama Nakamiya, yang berdiri sekitar 600 meter dari bangunan pertama. Bangunan ini identik dengan kegiatan membaca ramalan dari para pengunjung. Sementara itu, banjgunan ketiga dapat ditemukan 400 meter ke arah utara, yakni Okumiya.

  1. Amanohashidate
Amanohashidate dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Amanohashidate via jpninfo.com/

Amanohashidate memiliki nama lain berupa Bridge in Heaven. Mengapa disebut demikian? Anda dapat menemukan jawabannya ketika berkunjung ke tempat ini. Istilah ini sebenarnya ditujukan untuk bentuk gundukan pasir yang seperti jalur berkelok-kelok, yang diibaratkan seperti bumi dan langit apabila Anda perhatikan dari pegunungan yang berada di kedua ujung teluk.

Dikelilingi oleh pagar alam berupa pohon pinus, gundukan pasir tersebut terjaga dengan apik. Dikatakan bahwa pohon yang tumbuh di sekitar tersebut totalnya adalah 8.000 pohon pinus, serta menjadi pohon pinus terbaik di Jepang.

  1. Nishiki Ichiba
Nishiki Ichiba dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Nishiki Ichiba via muza-chan.net/

Hampir mirip dengan Tsukiji Fish Market, Nishiki Ichiba juga merupakan sebuah pasar yang menganut konsep wisata kuliner bagia warga Kyoto. Pasar ini mulai dibuka dari pukul 9 pagi hingga jam 5 sore. Anda dapat mencicipi beraneka ragam kuliner segar, mulai dari ikan, cumi, sayuran, tahu dan lain sebagainya.

  1. Kastil Osaka
Osaka Castle dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Osaka Castle via wallpaperup.com/

Kastil ini pernah menjadi saksi sejarah atas masa kejayaan yang terjadi pada era pemerintahan Toyotomi Hideyoshi, yakni salah satu penegak sejarah di Jepang dan penggemar nomor satu emas. Maka dari itu, banyak alat perang, bangunan dan furniture yang digunakan terbuat dari bahan emas. Dahulunya, Kastil Osaka ini sempat menjadi arena perebutan kekuasaan oleh para bangsawan. Perebutan tersebut pernah menyebabkan kerusakan pada bagian kastil, sehingga beberapa kali mengalami rekronstruksi. Kastil ini bahkan pernah menjadi benteng pertahanan militer. Latar belakang sejarah yang kental membuat para pengunjung penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Siapkan uang tiket sebesar Y700 jika Anda hendak berkunjung.

  1. Osaka Aquarium Kaiyukan
Osaka Aquarium Kaiyukan dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Osaka Aquarium Kaiyukan via imgur.com/

Tahukah Anda bahwa Aquarium ini merupakan salah satu aquarium terbesar di Jepang dengan jumlah koleksinya ditaksir mencapai hingga 620 spesies. Sebanyak 15 tangki aquarium yang berada di tempat ini menampilkan bagian-bagian tersendiri dari Samudera Pasifik. Tangki terbesar menampung ikan paus yang diberi nama Pacific Ocean dan Anda akan melihat sebagian kehidupan laut dengan decak kagum tiada henti. Aquarium ini akan mulai dibuka pada pukul 10 pagi hingga jam 8 malam dengan beban biaya sebesar Y2500.

  1. Namba Parks
Namba Parks dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Namba Parks via travel.tribunnews.com/

Taman Namba termasuk ke dalam taman kota yang diusung dengan konsep penyatuan antara wisata alam dengan wisata belanja. Taman ini sebenarnya dibangun di atas lapangan bisbol yang sudah tidak terpakai. Perencanaan yang sangat mendetail menyulap lapangan ini menjadi sebuah taman artificial yang fantastis. Lokasinya yang berada di tengah kota pun memudahkan para pengunjung untuk mengaksesnya.

Selain memanjakan kedua mata Anda, kegiatan berbelanja tidak akan terasa selelah biasanya. Di taman ini, terdapat banyak toko yang menjual aneka barang mulai dari pakaian, tas, aksesoris dan lain sebagainya.

  1. Shinsekai
Shinsekai dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Shinsekai via travel.gaijinpot.com/

Distrik ini sebenarnya dikembangkan dalam National Industrial Exposition di tahun 1903 yang akhirnya membuat sekitar 5 juta orang berpindah tempat ke distrik ini dalam waktu 5 bulan. Tempat ini dibangun menjadi dua model, yakni di sisi utara disulap dengan nuansa gaya Paris, sedangkan pada area selatan mengusung gaya Coney Island, New York.

  1. National Museum of Art
National Museum of Art dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
National Museum of Art via thousandwonders.net/

Museum ini berfokus pada karya seni kontemporer Jepang dan juga asing. Museum ini menempati dua lantai bawah tanah di pusat kota Osaka. Museum ini tidak dibuka pada hari Senin, atau pun hari Selasa jikalau hari Senin merupakan hari libur nasional. Maka dari itu, Anda perlu merencanakan jadwal kedatangan Anda jika hendak berkunjung ke museum yang satu ini.

  1. The Great Torii of Miyajima
The Great Torii of Miyajima dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
The Great Torii of Miyajima via fastjapan.com/

Kuil Itsukushima tidak pernah kehilangan pesonanya selama berabad-abad. Meski namanya merupakan Itsukushima, namun warga setempat lebih sering menyebutnya dengan Miyajima (Kepulauan Kuil). Hal ini disebabkan oleh bentuk gerbang yang seolah-olah mengambang. Anda perlu berjalan kaki selama 10 menit dari Dermaga Feri Miyajima jika ingin mengunjungi tempat ini. Tersedia pula paket wisata kuil yang dilengkapi dengan akses menuju Treasure Hall yang bisa Anda dapatkan dengan uang sebesar Y500.

  1. Shukkeien Garden
Shukkeien Garden dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Shukkeien Garden via japan-guide.com/

Untuk Anda yang menggemari wisata alam, tempat ini adalah jawaban yang Anda nantikan. Shukkeien Garden merupakan representasi tepat yang menggabungkan tampilan lembah, hutan serta pegunungan. Tempat ini memiliki sejarah panjang yang dimulai dari tahun 1620. Taman ini menyajikan fitur-fitur estetis, bahkan terdapat pula sejumlah rumah teh dengan  panorama indah.

  1. Hiroshima Peace Memorial Museum
Hiroshima Peace Memorial Museum dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Hiroshima Peace Memorial Museum via nippon.com/

Berdiri di atas tanah seluas 1200 hektar dibangunlah sebuah Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima. Dahulunya, lahan ini menjadi pusat kegiatan pemerintahan serta ekonomi, yang menjadi sasaran lokasi penjatuhan bom oleh Amerika Serikat. Museum ini sendiri terbagi menjadi dua bangunan yang menampung sejarah Hiroshima sebelum peristiwa pengeboman dan pasca pengeboman. Museum ini akan selalu terbuka, kecuali pada tanggal 30 dan 31 Desember.  

  1. The Cenotaph
The Cenotaph dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
The Cenotaph via en.japantravel.com/

Masih berada di dalam lingkup Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima, Tugu Peringatan ini merupakan sebuah taman dengan bentuk yang melengkung dan difungsikan sebagai tempat mengenang para korban bom. Pada bagian bawah lengkungan, tertera daftar nama korban yang jumlahnya dikisarkan mencapai hingga 220.000 jiwa. Setiap tahun, akan selalu diadakan upacara peringatan yang ditujukan untuk mengenang para korban.

  1. Mitakidera Hiroshima
Mitakidera Hiroshima dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Mitakidera Hiroshima via flickr.com/

Kuil yang satu ini terletak dekat area lembah, hutan serta air terjun, yakni tepatnya berada di 411 Mitakiyama, Nishi Ward, Hiroshima. Kuil ini memuat beraneka ragam pagoda kayu. Pagoda-pagoda inilah yang menjadi persembahan khusus bagi masyarakat setempat sebagai bentuk penghormatan terhadap Kanon atau Dewa Pengampun. Salah satu pagoda yang paling menarik perhatian adalah Tohoyo (The Red Vermilion).

  1. Ohori Park
Ohori Park dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Ohori Park via ohorikouen.jp/

Seperti dengan Taman Namba, Taman Ohori merupakan taman kota dengan kolam besar menghiasi bagian tengahnya. Taman ini juga terletak di pusat kota Fukuoka dan terbentang sepanjang 2 kilometer. Masyarakat setempat seringkali menggunakannya sebagai area jogging. Ohori dalam bahasa Jepang memiliki arti parit. Kolam yang berada di bangian tengah ini dahulunya pernah menjadi elemen penting dari sistem parit Kastil Fukuoka.

  1. Tenjin Underground City
Tenjin Underground City dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Tenjin Underground City via tripadvisor.com/

Keunikan tempat yang satu ini adalah lokasinya yang berada di area bawah tanah. Berjalan menelusuri lorong ini secara perlahan-lahan, Anda dapat menikmati keindahan arsitektur setempat sambil berbelanja. Tenjin Underground City ini telah terhubung dengan lebih dari 20 gedung perkantoran, stasiun subway, serta menjadi area pusat perbelanjaan di bagian atasnya. Maka dari itu, tidak heran jika kawasan ini sangat dipadati pada akhir pekan.  Area toko dan restoran yang buka di tempat ini umumnya dimulai dari jam 10 pagi hingga jam 9 malam.

  1. Nokonoshima Island Park
Nokonoshima Island Park dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Nokonoshima Island Park via yokanavi.com/

Dengan mengendarai feri dari Meinohama, Anda akan menyusuri perairan hingga akhirnya tiba di Taman Nokonoshima dalam waktu 10 menit. Taman ini memiliki panorama alam yang begitu indah dan luasnya mencapai 1500 hektar. Penghuni utama dari taman ini adalah beraneka ragam bunga yang bermekaran dengan elok, dilengkapi dengan lanskap Teluk Hataka yang menghampar dengan megahnya.  

  1. Nagasaki Atomic Bomb Museum
Nagasaki Atomic Bomb Museum dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Nagasaki Atomic Bomb Museum via welcomekyushu.com/

Sesuai dengan namanya, museum ini dibangun untuk memperingati korban bom. Penghormatan ini diaplikasikan ke dalam bentuk koleksi dorama, video serta foto-foto pelengkap yang memberikan gambaran terhadap dampak bom yang menimpa warga Nagasaki pada saat itu. Kunjungan ke museum ini dapat dilakukan mulai dari pukul 8.30 hingga 18.30 dengamn biaya Y200. Namun pada bulan September-April, museum ini akan tutup lebih cepat satu jam.

  1. Gunung Inasa
Mount Inasa dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Mount Inasa via japanistry.com/

Dengan ketinggian sekitar 333 meter, gunung ini berjarak tidak begitu jauh dari pusat kota Nagasaki. Maka alat transportasi untuk mencapai gunung ini pun jauh lebih mudah. Alternatif wisata gunung yang dapat Anda nikmati adalah menggunakan kereta gantung dengan biaya sebesar Y720 untuk sekali perjalanan. Perjalanan kereta gantung ini akan memakan waktu sekitar 10 menit dan Anda akan melihat panorama sekitar dari jarak pandang yang lebih luas.  

  1. Dejima
Dejima dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Dejima via japantravel.com/

Kehadiran pulau ini sudah menjadi daya tarik tersendiri. Pasalnya pulau ini tidak terbentuk secara alamiah, namun hanya berupa pulau buatan. Pulau ini dibangun pada tahun 1636 yang merupakan sebuah bentuk pengendalian kegiatan misionaris Portugis untuk masyarakat Jepang. Namun, kini Dejima bukanlah sebuah pulau, melainkan area sekitarnya telah mengalami reklamasi di abad ke 20. Namun, beberapa struktur sejarah Dejima masih tetap dijaga dan direkontruksi kembali untuk mendukung kelancaran fungsi kanal.

  1. Shuri Castle
Shuri Castle dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Shuri Castle via allabout-japan.com/

Termasuk ke dalam salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO, Shuri dahulunya merupakan Ibukota Kerajaan Ryukyu. Akan tetapi di tahun 1879, setelah Okinawa berubah menjadi prefektur Jepang, Shuri juga mengalami perubahan fungsi. Bangunan yang saat ini masih berdiri merupakan hasil rekonstruksi di tahun 1992. Untuk mengulik bagian dalam Kastil, Anda perlu melintasi beberapa gerbang, salah satunya adalah gerbang Shureimon yang terkenal.

  1. Gyokusendo Cave
Gyokusendo Cave dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda
Gyokusendo Cave via arttoframesblog.com/

Gua ini merupakan gua terpanjang yang berada di Kepulauan Okinawa bagian Selatan. Anda tidak perlu takut tersesat, karena telah disediakan jalan khusus dengan fasilitas penerangan yang akan membuat Anda berdecak kagum. Selain terbilang destinasi yang anti mainstream, Anda juga dapat menyaksikan kilauan stalaktit dan stalagmit dengan biaya sebesar Y620 untuk anak-anak dan Y1240 untuk orang dewasa.

  1. Mihama American Village
Mihama American Village dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Mihama American Village via good-okinawa.com/

Terletak di pusat Okinawa Honto, tempat ini merupakan sebuah kompleks hiburan besar yang konsepnya banyak terinspirasi dari pangkalan militer Amerika. Kompleks ini menjadi pusat perbelanjaan besar Amerika yang memuat beragam toko, restora, kafe yang letaknya berada di bawah langit terbuka. Beberapa toko di tempat ini biasanya akan mulai buka pukul 11 siang hingga jam 9 malam.  

  1. Ryuku-Mura
Ryukyu-Mura dalam Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda.jpg
Ryukyu-Mura via japan-guide.com/

Destinasi terakhir yang dapat Anda kunjungi di Jepang merupakan sebuah desa yang letaknya berada di Onna. Desa ini akan mendekatkan Anda dengan kebudayaan tradisonal dari masyarakat Okinawa. Mulai dari kuliner tradisionalnya, keranjingan tangan seperti membatik, membuat patung singa (shiisa) dan lain sebagainya.

Rekomendasi 55 Tempat Wisata di Jepang Untuk Liburan Anda

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata yang dapat Anda temukan di Jepang.

Di TravelJepang.co.id, kami menyajikan berbagai macam paket tour Jepang kelas atas dengan pelayan nomor satu! Akan sangat disayangkan apabila Anda lewatkan! Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk melihat paket-paket menarik yang kami sajikan!

Contact Person

Travel Jepang: 087711243201 (WhatsApp)

Mungkin anda juga menyukai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *