Beranda > Blog > Blog > 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang

10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang

Rikugien Garden dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg

10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang. Ohayou Gozaimasu Minna-san! Selamat datang di TravelJepang.co.id! Memiliki empat musim yang berbeda tentunya menjadi time leaps panorama yang begitu indah. Mulai dari salju di musim dingin, melihat bunga sakura bermekaran di musim semi, merayakan pesta kembang api di musim panas hingga melihat Jepang yang diselubungi warna merah kuning pada musim gugur. Memasuki bulan November hingga Desember, Jepang akan menyambut musim gugur yang ditandai dengan perubahan warna daun menjadi kekuningan atau kemerahan.

10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang

Setiap daerah tentunya akan menyambut musim gugur ini dengan perayaan, festival dan sebagainya. Tidak terkecuali Tokyo, sebagai Ibukota negara sakura ini. Pesta musim gugur ini biasa dikenal dengan istilah momiji. Untuk ikut turut serta merayakan momiji, terdapat beberapa tempat favorit yang dapat Anda kunjungi. Maka dari itu, TravelJepang.co.id berusaha merangkumnya untuk Anda. Berikut ini adalah beberapa tempat menikmati musim momoji terindah, yakni:

  1. Meiji Jingu Gaien

Tempat ini sendiri biasanya sering digunakan sebagai lokasi pengambilan gambar drama televisi Jepang. Maka keindahannya sudah tidak perlu kita pertanyakan lagi, bukan? Di sisi kiri dan kanan jalan menuju Meiji Jingu Gaien yang membentang 300 meter dari Aoyama Doriguchi, mengapit di sampingnya 146 pohon ginko yang mengiring hingga pintu masuk Meiji Jingu Gaien sendiri. Pada puncaknya musim gugur, dedaunan pohon ginko ini perlahan akan berubah warnanya menjadi warna kuning yang sangat indah. Jalanan ini diibaratkan sebagai terowongan bercahaya dengan paparan sinar matahari pada bagian atasnya.

Meiji Jingu Gaien Autumn dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Meiji Jingu Gaien Autumn via livingnomads.com

Bicara soal musim gugur, Meiji Jingu Gaien juga mengadakan festival perayaan yang umumnya diadakan mulai dari tanggal 15 November hingga minggu pertama Desember pada pukul 10.00 hingga 17.30. Acara ini akan dimeriahkan dengan bazzar dan juga atraksi lokal yang begitu penuh dengan budaya.

  • Perkiraan periode : Akhir November – Awal Desember.
  • Alamat : 2 Chome-1 Kitaoyama, Minato-ku, Tokyo-to.
  • Akses : Stasiun Gaiemmae – subway Tokyo Metro Ginza Line (3 menit jalan kaki), Stasiun Aoyama itchome – subway Tokyo Metro Hanzomon Line, Ginza Line, Toei Oedo Line.
  • Website : http://www.meijijingugaien.jp/english/
  1. Shinjuku Gyoen

Dahulunya, taman ini merupakan area kediaman keluarga Naito, yakni pada zaman Edo. Pada tahun 1906, taman ini akhirnya diresmikan menjadi taman kekaisaran. Setelah peristiwa perang dunia II, taman ini baru dibuka untuk khalayak umum.

Shinjuku Gyoen dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Shinjuku Gyoen via japan-guide.com

Terbentang di area seluar 59,3 hektar, taman ini terbagi menjadi beberapa gaya yang unik. Ada gaya Perancis, Inggris hingga Jepang. Akan tetapi pada musim gugur, taman ini akan berubah dan menghadirkan nuansa yang sangat berbeda. Hal pertama yang dapat Anda lihat adalah mulainya bermekaran bunga mawar di taman bergaya Perancis.

  • Perkiraan periode : Awal November – Awal Desember.
  • Alamat : 11 Naitomachi, Shinju-ku, Tokyo-to.
  • Akses : Dari pintu selatan Stasiun JR Shijuku berjalan kaki 10 menit menuju Gerbang Shinjuku, dari Stasiun gyoemmae (subway Toei) keluar melalui pintu no. 2 berjalan kaki 5 menit dan masuk melalui Gerbang Okido atau dari Stasiun JR Sendagaya berjalan kaki 5 menit dan masuk melalui Gerbang Sendagaya.
  • Website : http://www.env.go.jp/garden/shinjukugyoen/english/index.html
  1. Yoyogi Park

Taman ini dahulunya dijadikan sebagai Kampung Atlet untuk acara Olimpiade Tokyo di tahun 1964. Taman ini baru diresmikan sebagai taman umum, beberapa tahun setelahnya, yakni di tahun 1967.

Di taman seluas 54 hektar ini, tumbuh setidaknya 6 jenis pohon dengan daun yang dapat berubah warna pada saat musim gugur tiba. Menurut catatan setempat, terdapat 1.000 pohon zelkova serrata, 200 pohon ginkgo, 100 pohon maple dan lain sebagainya. Maka tidak heran jika taman ini menjadi taman favorit untuk merayakan momojigari bersama dengan kerabat tercinta.

Yoyogi Park dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.png
Yoyogi Park via vipjepang.co.id

Selain memiliki keindahan dari segi tatanan tanaman, taman ini juga mudah untuk diakses. Perayaan musim gugur juga dimerahkan dengan beragam festival lokal. Banyak masyarakat setempat yang datang ke taman ini untuk sekedar piknik, bersepeda santai dan lain sebagainya.

  • Perkiraan periode : Akhir November – Awal Desember.
  • Alamat : 2-1 Yoyogikamizonocho, Shibuya-ku, Tokyo-to.
  • Akses : Dari Stasiun JR Harajuku berjalan kaki 3 menit, dari Stasiun Yoyogi koen (kereta Tokyo Metro Chiyoda Line) berjalan kaki 3 menit, dari Stasiun Meiji-jingumae (kereta Tokyo Metro Chiyoda Line dan Fukutoshin Line) berjalan kaki 3 menit, atau dari Stasiun Yoyogi Hachiman (Odakyu Line) berjalan kaki 6 menit.
  • Website : http://www.vvdcreative.com/sakuhin/17-3yoyogipark/
  1. Rikugi-en

Jepang merupakan salah satu negara yang memiliki banyak taman. Maka dari itu, wisatawan yang bertamasya ke negara satu ini juga biasanya mengincar taman-taman unik di Jepang untuk ikut melebur dengan budaya setempat. Salah satu taman yang dapat Anda kunjungi di Tokyo adalah taman Rikugi-en.

Rikugien Garden dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Rikugien Garden via japan-guide.com

Selesai dibangun pada tahun 1702, taman seluas 8,9 hektar ini merupakan taman Kaiyu-shiki Tsukiyama Sensui Teien. Di dalam area taman, terdapat lembah buatan disertai air yang mengalir hingga ke kolam. Ketika taman selesai dibangun, seorang penguasa militer tertinggi Jepang masa masa Edo, yakni Shogun Tokugawa Tsunayoshi dikatakan telah mengunjungi taman ini sebanyak 58 kali. Bahkan pada akhir penyelesaian taman ini, Shogun turut serta membubuhkan tanda tangan peresmian.

Di taman ini berdiri sekitar 600 pohon, mulai dari pohon acer palmatum (450 pohon), pohon maple, pohon ginkgo dan berbagai macam pohon lainnya. Pada malam hari, panorama di taman akan semakin indah dengan adanya dekorasi ilmuminasi yang bergitu menawan.

  • Perkiraan periode : Akhir November – Awal Desember.
  1. Taman Hamarikyu

Taman yang satu ini terbilang unik karena terletak diantara bantaran gedung tinggi di dalam kota. Pada area taman, terdapat kolam yang terhubung langsung dengan Teluk Tokyo. Oleh karenanya, pada saat air laut mengalami pasang atau surut, air kolam juga akan mengalami perubahan. Kolam di taman ini dikatakan sebagai satu-satunya kolam di Tokyo yang terisi dengan air laut. Di area sekeliling taman dipadati dengan pohon-pohon maple dan juga pohon acer buergerianium.

Hamarikyu Garden dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Hamarikyu Garden via zekkeijapan.com

Pada area tengah kolam, terdapat sebuah bangunan yang terapung. Bangunan tersebut biasa digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara minum teh yang dihubungkan dengan dua jembatan menuju tepian. Terdapat pula beberapa penjual minuman matcha dan wagachi, yakni jajanan tradisional Jepang.

Tak jauh dari area taman, terdapat Tsukishima yang terkenal dengan monjayaki, serta ada pula Tsukiji yang terkenal dengan pasar ikannya.

  • Perkiraan periode : Pertengahan November – Awal Desember.
  • Alamat : 1-1 Kamarikyuteien, Chou-ku, Tokyo-to.
  • Akses : Dari Stasiun Shiodome (Yurikamome Line) berjalan kaki 7 menit atau dari Stasiun Tsukijishijo (subway Toei Oedo Line) berjalan kaki 7 menit.
  • Website : https://www.tokyo-park.or.jp/park/format/index028.html
  1. Taman Koishikawa Korakuen

Taman ini dibangun dengan tujuan untuk menghadirkan kembali berbagai pemandangan indah dari berbagai sudut tempat. Objek utama dari taman satu ini adalah danau buatan yang terinspirasi dari Danau Biwa yang terletak di Prefektur Shiga.

Tak jauh dari Sungai Oigawa, terdapat sungai buatan yang menyerupai dengan sungai di Arashiyama, Prefektur Kyoto. Dari sungai ini, Anda dapat melihat panorama jembatan bercat merah atau yang dikenal dengan sebutan jembatan Tsutenkyo dipadu dengan warna kemerahan pepohonan disekitarnya.

Koishikawa Korakuen dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Koishikawa Korakuen via lakbayer.com

Pada puncak musim gugur, seolah-olah tercipta sebuah terowongan dari momiji yang biasa dikenal dengan sebutan momiji bayashi. Di taman ini juga biasanya diadakan festival musim gugur. Di area sekitar taman terdapat Tokyo Dome City yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas lain seperti supermarket, taman bermain dan lain sebagainya. Lengkap sekali, bukan?

  • Perkiraan periode : Akhir November – Awal Desember.
  1. Taman Inokashira

Taman ini berpusat pada kolam Inokashira, dengan beberapa fasilitas pendukung seperti adalah jalur pedestrian, Inokashira Shizen Bunka-en, Museum Ghibli dan lain sebagainya.

Inokashira Park dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpeg
Inokashira Park via matcha-jp.com

Ketika musim gugur tiba, kurang lebih terdapat 600 pohon di dalam area taman yang berubah warna menjadi kuning hingga kemerahan. Anda tidak hanya dapat menikmati panorama kolam, namun juga dapat ikut menaiki perahu dan mengelilingi kolam tersebut.

  • Perkiraan periode : Pertengah November – Pertengahan Desember.
  1. Taman Memorial Showa

Dalam kurun waktu satu tahun, taman terluas di Jepang dengan luas 180 hektare  ini telah disulap dengan berbagai macam hiasan alami dan buatan. Hiasan alami tentunya berasal dari daun pepohonan yang kini telah berubah warna menjadi kuning atau merah menyalak. Di taman ini juga tumbuh berbagai macam bunga yang ikut bermekaran, seperti bunga tulip, bunga kosmos dan juga bunga matahari.

Showa Memorial Park dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Showa Memorial Park via id.pinterest.com

Spot favorit menikmati momiji di tempat ini adalah jalan lurus yang disebut dengan Canal. Di sepanjang jalan yang membentang 200 meter akan diapit pepohonan ginkgo. Selain pohon ginkgo, terdapat pula pohon maple. Taman ini merupakan tempat terbaik untuk menghabiskan perayaan musim gugur pertama Anda di Jepang. Tertarik?

  • Perkiraan periode : Awal November – Akhir November
  1. Gunung Takao

Menggunakan kereta dari Shinjuku selama satu jam perjalanan, Anda akan tiba di Gunung Takao. Tersedia delapan paket pendakian berbeda yang dapat dipilih menyesuaikan dengan waktu yang Anda miliki serta tingkat kesulitan. Euforia momiji tidak hanya dapat dirasakan di puncak gunung, namun juga ketika Anda mengendarai kereta gantung menuju puncak gunung.

Takao Mountain dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Takao Mountain via japan-magazine.jnto.go.jp

Pada tahun 2017 lalu, di tanggal 1 hingga 30 November, diadakan Festival Takaosan Momiji Matsuri. Festival ini di meriahkan oleh pegelaran musim, bazaar hingga terdapat penjualan Tokyo Kokeshi (boneka tradisional Jepang) dan berbagai event tambahan lainnya.

  • Perkiraan periode : Awal November – Akhir November.
  • Akses : Tidak jauh dari Stasiun Takaosanguchi (Keio Line).
  • Website : http://www.takaosan.or.jp/english/
  1. Lembah Mitake

Untuk mencapai lembah, Anda dapat menggunakan kereta dari Shinjuku. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1,5 jam untuk mencapai lembah yang terletak di bagian hulu Sungai Tama. Dari sini, Anda dapat melihat panorama hutan dipadu dengan kemolekan pohon maple yang kini sudah memerah. Tak jauh dari Stasiun JR Mitake (Ome Line) tersedia jalur hiking sepanjang 4 km yang biasa digunakan untuk penjelajahan.

Mitake Gorge dalam 10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang.jpg
Mitake Gorge via blog.japantwo.com

Di ujung jalur tersebut terdapat Ozawa Brewery, sebuah toko yang memuat beragam macam sake lokal serta makanan dengan bahan dasar tahu.

  • Perkiraan periode : Pertengahan November – Akhir November.
  • Alamat : 1 Mitake, Ome-shi, Tokyo-to.
  • Akses : Tidak jauh dari Stasiun JR Mitake.
  • Website : http://www.omekanko.gr.jp/us/us.php?m=sd&k=20

10 Tempat Menikmati Momiji Musim Gugur di Tokyo Jepang

Demikianlah beberapa tempat terbaik yang dapat Anda kunjungi untuk menghabiskan musim gugur pertama di Jepang.

Di TravelJepang.co.id, kami menyajikan berbagai macam paket tour ekslusif ke Jepang dengan pelayan terbaik! Akan sangat disayangkan apabila Anda lewatkan! Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk melihat paket-paket menarik yang kami sajikan!

Contact Person

Indonesia Area : Hamid +62877 – 1124 – 3201 (Whatsapp / Telp)

Mungkin anda juga menyukai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *