Beranda > Blog > Blog > Tempat Wisata Jepang > 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi

10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi

Kyoto Tower dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg

10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi. Konnichiwa Minna-san! Selamat datang di TravelJepang.co.id! Kyoto merupakan salah satu daya tarik tertinggi yang mampu menghipnotis para wisatawan untuk berkunjung ke Jepang. Sebagai Ibukota Jepang dahulu kala, Kyoto diberikan anugerah sebagai salah satu kota terbaik di dunia oleh Travel Inc.Travel + Majalah Leisure. Penobatan ini diberikan setelah dilakukan survey terhadap 17.000 pembacanya.

Jika Tokyo dan Osaka merupakan dua kota modern yang sangat terkenal di Jepang, Kyoto merupakan kota tradisional yang tidak mengalami perubahan dan tetap melestarikan budaya setempat. Inilah yang menjadi magnet tersendiri mengapa Kyoto tidak pernah sepi dari para pengunjung. Anda dapat merasakan suasana Jepang pada tempo dulu, di tengah hingar binger modernisasi yang semakin berkembang.

10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi

Sebagai destinasi langganan para wisatawan, Kyoto memiliki beberapa spot wisata terbaik yang sangat di sayangkan bila Anda lewatkan. Maka dari itu, TravelJepang.co.id berusaha merangkum beberapa tempat menarik tersebut. Ingin tahu? Berikut ini adalah 10 tempat menarik di Kyoto yang wajib Anda kunjungi, yakni:

  1. Gion

Jika Anda mendengar nama Kyoto, mungkin salah satu tempat pertama yang akan disebutkan adalah Gion. Dengan arsitektur jalan yang sangat khas dengan budaya dan kultur setempat, Gion sangat gemar dikunjungi para wisatawan karena mengekspresikan nuansa yang berbeda dari tempat lainnya.

Gion District dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Gion District via wanderluststorytellers.com

Apabila perjalanan Anda dilakukan pada saat musim panas atau sekitar bulan Juli, di Gion akan berlangsung sebuah festival legendaris yang disebut dengan Gion Matsuri. Festival ini akan berlangsung pada 1 Juli yang diawali dengan ritual Kippu Iri dan ditutup dengan Nagoshinoharae di tanggal 30 Juli. Ini merupakan acara tahunan yang selalu berlangsung di waktu yang sama.  

  1. Fushimi Inari Taisha

Buat Anda yang belum pernah berkunjung ke Jepang, Fushimi Inari Taisha mungkin sudah cukup familiar di telinga Anda. Bagaimana tidak? Tempat wisata ini terbilang unik dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk diabadikan dengan kedua mata telanjang.

Fushimi Inari Shrine dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.JPG
Fushimi Inari Shrine via buffalotrip.com

Fushimi Inari Taisha sebenarnya merupakan Kuil Shinto paling utama dari sekitar 40.000 kuil yang tersebar di Jepang. Yang menarik dari tempat ini adalah jajaran torii atau gerbang kuil yang membentang sepanjang jalan menuju ke kuil utama. Selain indah untuk dipandang, kuil ini juga menyimpan sejarah yang menarik untuk dipelajari.  

  1. Arashiyama

Kita beralih ke sebuah distrik yang terletak di pinggiran Barat Kyoto. Terdapat sebuah tempat yang tidak hanya populer dikalangan para wisatawan, namun juga bagi masyarakat setempat. Inilah distrik Arashiyama, dengan panorama jembatan Togetsu, kereta Troli hingga sungai Hozigawa yang indah dan banyak digunakan sebagai kegiatan rafting. Namun ciri khas dari Arashiyama itu sendiri adalah hutan bambu yang menawarkan pemandangan luar biasa!

Arashiyama dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Arashiyama via bitpunk.net

Pada bulan Desember, di distrik ini akan berlangsung Arashiyama Hanataro, yakni acara di mana jembatan Watanabe dan jalan setapa di hutan bambu ini akan diterangi dengan lampu-lampu disetiap sisi. Tidak hanya itu, kuil-kuil juga dapat didatangi di malam hari, seperti “Nison-in” dan “Jojakko-ji”. Maka tidak heran jika Anda berkunjung pada waktu tersebut, banyak wisatawan yang memenuhi area tersebut.  

  1. Kuil Yasaka

Terletak di daerah Gion, kuil ini biasanya digunakan sebagai tuan rumah Gion Matsuri. Kuil Yasaka dilambangkan sebagai simbol kemakmuran di tanah Kyoto. Tidak hanya dapat berkunjung ke kuil, namun Anda juga dapat ikut memanjatkan doa pada Dewa Kemakmuran dan Kesehatan di kuil ini. Menurut legenda setempat, kuil ini memang ditujukan untuk Susa-no-o, yakni Dewa Kemakmuran dan Kesehatan yang baik.

Yasaka Shire dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Yasaka Shire via insidekyoto.com

Di kuil ini juga sering kali berlangsung sebuah tradisi tahun baru, di mana bayi yang baru lahir akan dibawa ke kuil untuk didaftarkan bersama dengan nenek dengan menggunakan kimono. Pada saat musim semi tiba, banyak wisatawan yang berbondong-bondong datang untuk melihat upacara bunga sakura.

  1. Kiyomizudera

Siapa yang tidak mengetahui Kuil Kiyomizudera? Mungkin Anda juga sudah mengetahuinya bukan? Sebagai salah satu kuil yang dinobatkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO, Kuil Kiyomizudera merupakan kuil Budhha kuno yang dahulunya dibangun pada tahun 798. Kuil ini tercatat sudah 10 kali mengalami kerusakan atau kebakaran yang disebabkan oleh perang maupun bencana alam. Apabila Kuil Yasaka dilambangkan sebagai kuil kemakmuran, maka kuil yang satu ini sebut sebagai kuil perjodohan. Mengapa demikian? Sebab pada area belakang kuil utama terdapat Kuil Jishu Jinja yang juga disebut sebagai Dewa Perjodohan.

Kiyomizu dera Temple dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Kiyomizu dera Temple via matcha-jp.com
  1. Kyoto Gosho

Tempat ini merupakan The Imperial Palace di Kyoto, yang dahulu diduduki oleh Kaisar di periode Heian (794-1185) hingga pada akhir periode Edo (1603-1868). Setelah periode Edo berlangsung, tenno serta pengadilannya berpindah tempat ke Old Edo yang kini menjadi ibukota resmi Jepang yang dikenal dengan sebutan Tokyo.

Apabila Anda termasuk ke dalam orang-orang yang tertarik terhadap asal muasal dan juga sejarah, jangan sampai lupa berkunjung ke tempat ini, ya!

Kyoto Ghoso dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Kyoto Ghoso via lonelyplanet.com
  1. Kyoto Tower

Bisa dikatakan, Kyoto Tower merupakan landmark modern di kota yang sangat mengedepankan nilai-nilai tradisional ini. dengan ketinggian 430 kaki dari dasar, struktur besar dengan bobot 800 ton ini terletak di atas sebuah bangunan. Menara ini pertama kali dibuka pada tahun 1964 di bulan Desember, yakni setelah perhelatan Olimpiade Tokyo. Menara ini dirancang menyerupai bentuk lilin tradisional Jepang, meskipun bentuknya agak sedikit lebih besar.

Kyoto Tower dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Kyoto Tower via travelliker.com.hk
  1. Tetsuga no Michi

Tempat ini dikenal juga oleh para wisatawan dengan sebutan The Philosopher’s Path. Terletak di Distrik Higashiyama, spot ini diyakini sebagai salah satu tempat paling bagus untuk menikmati keindahan dari bunga sakura. Maka dari itu, musim semi adalah waktu yang paling padat oleh para pengunjung.

Disepanjang jalan dua kilometer ini, yang dimulai dari Ginkakuji, Perak Pavilion dan akan berakhir di lingkungan Nanzenji. Nama jalan ini berasal dari salah seorang filsuf terbama di Jepang, yakni Nishida Kitaro yang selalu merenungkan makna kehidupan ketika hendak berjalan menuju ke Universitas Kyoto.

Tetsuga no Michi dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Tetsuga no Michi via nirmalamedia.com
  1. Museum Nasional Kyoto

Museum ini diresmikan pertama kali pada bukan Mei 1897. Museum ini digunakan untuk mengoleksi beragam hal, terlebih peninggalan-peninggalan budaya Kyoto pada periode Heian hingga Edo. Tidak hanya sebagai area rekreasi, namun museum ini juga digunakan sebagai lembaga penelitian.

National Museum Kyoto dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi
National Museum Kyoto via tripadvisor.com

Sebelum terjadinya Perang Dunia II, kolesksi museum ini sebagaian besar diperoleh dari hadiah yang diberikan oleh Kuil Buddha dan Shinto. Akan tetapi, setelah peristiwa Perang Dunia II terjadi koleksi museum diberikan oleh Dewan Perlindungan Peninggalan Budaya atau berasal dari pembelian pihak museum atau juga hadiah dari penduduk setempat. Di tahun 1954, museum ini pernah menerima sebuah koleksi Moriya yang di dalamnya terdapat sutra Senju Sen-gen Daranikyo.

  1. Pasar Nishiki

Merupakan salah satu pusat perbelanjaan tradisional di Kyoto, Pasar Nishiki memiliki catatan sejarah bahwa toko yang pertam kali dibuka dilakukan pada tahu 1311. Tempat ini kemudian berubah menjadi pasar ikan di abad ke 16 dan masih beroperasi hingga detik ini. Pasar ini tersedia utuk memenuhi kebutuhan Anda mulai dari 09.00-18.00 waktu setempat.

Di jalan sepanjang 300 meter yang membentar drai Teramachi Street hingga Takakura Street ini telah menampung lebih dari 120 toko kecil hingga restoran. Sebagian besarnya tidak hanya menjualkan makanan, namun juga piring, pakaian dan lain sebagainya.  

Nishiki Market dalam 10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi.jpg
Nishiki Market via godsavethepoints.com

10 Tempat Menarik Di Kyoto Jepang Yang Harus Anda Dikunjungi

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat menarik di Kyoto yang dapat Anda kunjungi.

Di TravelJepang.co.id, kami menyajikan berbagai macam paket tour pribadi istimewa ke Jepang yang lain dari pada yang lain! Akan sangat disayangkan apabila Anda lewatkan! Jangan lupa untuk berhenti sejenak untuk melihat paket-paket menarik yang kami sajikan!

Contact Person

Travel Jepang: 087711243201 (WhatsApp)

Mungkin anda juga menyukai...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *